DPA Tugas 1. Gambar Sketsa
DASAR PRESENTASI ARSITEKTUR
TUGAS 1. GAMBAR SKETSA
AREA SEKITAR GEDUNG SAINTEK
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Dosen Wali : Andi Baso Mappaturi,M.T.
Dosen Pengampu : Muhammad Imam Faqihuddin, M.T.
Semester : 2
Pertemuan : 1
Kelas : B
Ruang : Studio B (audit)
Waktu : 09.50-12.20 WIB
Sks : 3
Sketsa adalah gambaran sederhana dari suatu pandangan objek tertentu.
Manfaat
- merekam informasi atau catatan visual
- mengembangkan keterampilan koordinasi dan tangan (terutama dalam mendesain)
- melatih pola pikir dalam memilih
- metode melatih kepekaan melihat dan merasakan ruang
Langkah
- tentukan frame dan obyek yang ingin digambar
- tentukan jarak yang tepat dari obyek sangat membantu
Tips
- berani menarik garis dan arsir
- bentuk makro - bentuk keseluruhan
- hindari menggunakan penghapus
- percaya pada gambar sendiri
- tiap orang punya karakter gambar sketsa
- berlatih dab berlatih, lama-lama akan terbiasa
- jangan lupa perhatikan bayangan
Penugasan langsung dikumpulkan
- alat : pensil hb, 2b, mekanik, penghapus (bila perlu), alas gambar, kertas A3
- obyek : area sekitar gedung fak. saintek
- waktu : 20 menit
- pengumpulan : 12.20 WIB
Pengalaman Pribadi :
Sangat gupuh, deg-degan, karena waktu amat sangat-sangat terbatas. Tapi harus tetap optimalkan penugasan. pertama, spontan saja, saya berpikir menggambar sketsa gedung uin malang tampak jauh satu titik lenyap. alhasil, lumayan lah, dan alhamdulillah untuk DPA pertemuan kedua gambar sketsa saya dimasukkan oleh dosen pengampu ke power point beliau untuk mengetahui kesalahan dan kebenaran dari hasil sketsa anak-anak. entah, sketsa saya termasuk benar atau salah, bagus atau jelek, Allahua'lam. tapi kata beliau, "kalau kaya gini, uin kelihatan angker....", spontan suara tawa anak-anak kelas b menggelegar tanpa izin. ah .. malunya. cara menyeketsa bayanganku salah, amburadul, maklum, maba, :) . oh ya untuk hasil gambarku udah kehapus tanpa sengaja di memory hp, menyesal ? sangat!!!!!. kalau mau tahu hasil sketsanya, monggo tanyakan langsung kedosen pengampu saya. Wass.
Semester : 2
Pertemuan : 1
Kelas : B
Ruang : Studio B (audit)
Waktu : 09.50-12.20 WIB
Sks : 3
- tentukan frame dan obyek yang ingin digambar
- tentukan jarak yang tepat dari obyek sangat membantu
Tips
- berani menarik garis dan arsir
- bentuk makro - bentuk keseluruhan
- hindari menggunakan penghapus
- percaya pada gambar sendiri
- tiap orang punya karakter gambar sketsa
- berlatih dab berlatih, lama-lama akan terbiasa
- jangan lupa perhatikan bayangan
Penugasan langsung dikumpulkan
- alat : pensil hb, 2b, mekanik, penghapus (bila perlu), alas gambar, kertas A3
- obyek : area sekitar gedung fak. saintek
- waktu : 20 menit
- pengumpulan : 12.20 WIB
Pengalaman Pribadi :
Sangat gupuh, deg-degan, karena waktu amat sangat-sangat terbatas. Tapi harus tetap optimalkan penugasan. pertama, spontan saja, saya berpikir menggambar sketsa gedung uin malang tampak jauh satu titik lenyap. alhasil, lumayan lah, dan alhamdulillah untuk DPA pertemuan kedua gambar sketsa saya dimasukkan oleh dosen pengampu ke power point beliau untuk mengetahui kesalahan dan kebenaran dari hasil sketsa anak-anak. entah, sketsa saya termasuk benar atau salah, bagus atau jelek, Allahua'lam. tapi kata beliau, "kalau kaya gini, uin kelihatan angker....", spontan suara tawa anak-anak kelas b menggelegar tanpa izin. ah .. malunya. cara menyeketsa bayanganku salah, amburadul, maklum, maba, :) . oh ya untuk hasil gambarku udah kehapus tanpa sengaja di memory hp, menyesal ? sangat!!!!!. kalau mau tahu hasil sketsanya, monggo tanyakan langsung kedosen pengampu saya. Wass.
Komentar
Posting Komentar